Di larang COPY PASTE semua tulisan yang ada di dalam blog ini tanpa ijin. Kalau ada yang ingin ditanyakan, sharing dan saling belajar, jangan sungkan kirim email di yuanitacik@gmail.com , dengan senang hati akan saya balas :)

{Don't ever COPY PASTE all text in this blog without permission. If you want to ask, share and learn from each other, do not hesitate to send an email at yuanitacik@gmail.com , i will be glad to reply :) }

Kamis, 31 Mei 2012

[CLOSED] A Special Birthday Giveaway from Ideku Handmade [CLOSED]

Siapa sing yang gak seneng sama giveaway??

Kali ini ada giveaway dari Ideku Handmade
Giveaway kali ini very special, karena dalam rangka merayakan ulang tahun Puri yang ke 27 beberapa hari yang lalu. Ada 8 hadiah yang akan dibagikan, yaitu....









Hayooo... siapa yang pengen??? hayuk segera klik sini

Good luck buat yang nyoba giveaway,
dan untuk Puri....
Happy birthday...
Selamat ulang tahun...
Kiranya berkat Tuhan selalu melimpah dalam kehidupan Puri...


Terima kasih Puri...
Terima kasih Ideku Handmade...

Selasa, 29 Mei 2012

[review buku] Busana Wanita



Review buku lagiiii... Aku beli buku ini udah lama sebenarnya, kira-kira dua bulan yang lalu. Waktu menggebu-gebunya nyari buku seri menjahitnya Tatiana Vidi yang Beautiful Blouse dan Pretty in Pink, aku gak sengaja melihat buku ini di rak Gramedia. Sepertinya baru muncul, karena sebelumya aku gak pernah melihat buku ini.

Okay, mari kita mengupas satu per satu bagian buku ini
  • Pendahuluan
    Menjelaskan pengertian dan tujuan berbusana, peranan busana bagi pemakai, dan unsur-unsur berbusana harmonis.
  • Alat dan Bahan
    Menjabarkan satu per satu alat yang dibutuhkan sepanjang proses jahit menjahit, dibagi menjadi 4 bagian, antara lain : alat untuk mengukur, alat untuk membuat pola, alat untuk menjahit, dan bahan pelengkap membuat busana
  • Mengukur
    Cara mengambil ukuran sebelum masuk ke pembuatan pola, ada gambar nyata di setiap penjelasan ukuran, misalkan saat mengambil ukuran Lingkar Pinggang, selain menjelaskan bagian mana yang dimaksud Lingkar Pinggang juga ada foto pengambilan ukuran Lingkar Pinggang, dan seterusnya. Ada juga Tabel Ukuran Standart Busana Wanita Dewasa secara umum mulai dari ukuran S (Small), M (Medium) dan L (Large).
  • Membuat Pola Dasar
    Pola dasar yang dijabarkan pada bab ini antara lain :
    1. Pola dasar badan (tengah muka (TM) & tengah belakang (TB))
    2. Pola dasar lengan
    3. Pola dasar rok (depan dan belakang)
    Selain itu juga ada Pemindahan Lipit Kupnat Pola Dasar dalam Garis Hias
  • Membuat Pola Garis Leher, Pola Lengan, dan Pola Kerah
    Macam-macam Pola Garis Leher :
    1. Leher Bulat
    2. Leher Perahu
    3. Leher Runcing Lebar
    4. Kombinasi Leher Perahu dan Leher Runcing
    5. Leher Segi Lima
    6. Leher Segi Empat
    7. Variasi Leher Segi Empat
    8. Leher Sabrina
    9. Leher Tinggi

    Macam-macam Pola Lengan :
    1. Lengan Licin
    2. Lengan Puff
    3. Lengan Balon
    4. Lengan Lipit
    5. Lengan Puncak
    6. Lengan Lonceng
    7. Lengan Setali
    8. Lengan Raglan
    9. Lengan Balon Sambung
    10. Lengan Tulip
    11. Lengan Gladde
    12. Lengan Slit

    Macam-macam Pola Kerah :
    1.  Kerah Rebah
    2. Kerah Setengah Berdiri
    3. Kerah Rever
    4. Kerah Formal
    5. Kerah Setali
    6. Kerah Jas
    7. Kerah yang ditinggikan
    8. Kerah Pakai Lekuk
    9. Kerah Kelasi
    10. Kerah Sanghai

    Macam-macam Rok Wanita :
    1. Rok Pias Dua yang Dikembangkan
    2. Rok Pias Tiga
    3. Rok Pias Empat
    4. Rok Pias Lima
    5. Rok Pias Enam
    6. Rok Pias Tujuh
    7. Rok Pias Delapan
    8. Rok Setengah Lingkar
    9. Rok Lingkar Penuh
    10. Rok dengan Godet
    11. Rok Lipit Hadap pada Tengah Muka
    12. Rok Draperie
  • Mengubah Pola Busana Wanita
    • Blus Kutang Leher Sabrina
    • Gaun Kutang Rok
    • Kutang Straples
    • Blus Lengan Klok Sisipan

  • Glosarium
    Istilah-istilah fashion yang digunakan di buku ini

Judul Buku : Busana Wanita
Penulis    : Wahyu Eka P. S
Penerbit   : KTSP
Isi        : 92 halaman (full colour - soft cover)
ISBN       : 602-8950-14-5
Harga      : Rp 42.500


Notes from me :
Just for share... pola dasar badan yang dipakai waktu membuat blus kerah gelombang, blus lengan gembung dan jumpsuit pendek batik (atasannya saja) sumbernya dari buku ini. Cara membuat polanya cukup mudah, walaupun masih ada hitung-menghitung tapi tidak membingungkan untuk pemula.
Ada kesalahan kecil waktu aku membuat pola dasar badan untuk blouse. Pola dasar badan yang dijabarkan di buku manapun memang selalu sampai pinggang, dan bodohnya aku.... aku kira berhenti sampai di situ, aku amat-amati kok pendek sekali dan kenapa terlihat aneh polanya?? hmmmm... ternyata.. untuk membuat blouse --> dari pinggang ke bawah diteruskan dengan pola dasar rok (panjangnya disesuaikan dengan keinginan seberapa panjang blouse yang diinginkan). Kata-kata PRACTICE MAKE PERFECT memang benar adanya, setelah berkali-kali mencoba akhirnya aku bisa membuat pola yang perfect, benar-benar pas di badanku.

Sekedar saran, kalau masih ragu dengan pola yang sudah dibuat, coba beri kampuh sekitar 2 cm untuk jaga-jaga kalau hasilnya terlalu sempit.


Ayo segera berkreasi.. jangan pernah menyerah walaupun gagal ^^


Happy Tuesday....

Rabu, 23 Mei 2012

Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}

Sukses membuat Blus Kerah Gelombang {Rippled-collar Blouse} dan Blus Lengan Gembung {Puffed Sleeves Blouse} ternyata mengakibatkan aku makin kecanduan jahit *yaaa daripada kecanduan narkoba mending kecanduan jahit kan?*. Ada yang suka gaya berpakaiannya cewek-cewek Korea?? Banyak toko-toko yang menjual baju-baju ala Korea, tapi aku gak minat beli karena kebanyakan bahannya adalah shifon, aku kurang suka karena transparan dan terlalu lemas *menurutku loh ya... selera orang bisa beda-beda*, makanya aku jadi pengen bikin sendiri dengan bahan yang berbeda tapi modelnya yaaa... mirip-mirip dikit boleh kan??

Awal Maret lalu, aku beli batik cap di pameran "Pesona Batik" yang diadakan di Tunjungan Plasa Surabaya. Kain batik warna ungu yang aku beli motifnya cheerful banget, jadi pengen aku bikin model yang cheerful pula. Aku pernah beli jumpsuit di Pasar Sukowati, tapi modelnya terlalu gombrong di badanku ini *apalah daya, badan terlalu kurus*, dan seperti biasa... aku jadi pengen banget bikin sendiri jumpsuit yang pas buat ukuran badanku. Mulai lah aku googling model-model jumpsuit yang ok menurutku, dan inilah inspirasi itu :


Inspirasi Jumpsuit (gambar diambil dari google, lupa websitenya apaan)


Saking semangatnya, aku sampai lupa memotret polanya :D, pola yang diperlukan untuk membuat jumpsuit ini yaitu :
- pola badan depan (kanan dan kiri)
- pola badan belakang
- pola kerah rebah (hanya bagian depan)
- pola celana pendek (depan dan belakang)
- pola kantong dalam

Kalau sebelumnya aku masih dibantu mamaku jahit dengan mesin jahit, kali ini full semua aku sendiri yang jahit, mulai dari jahit rendanya, bajunya, kerahnya, lengannya, celananya, kantongnya, pokoknya semua aku jahit sendiri. Senangnyaaaaa...... Proses menjahitnya memang agak rumit, tapi sebenarnya simple kok. Nanti kalau ada kesempatan aku coba bikin tutorialnya ya.

Tantangan terberatnya waktu menjahit renda, menyambung celana pendek dengan bajunya *sambungannya tebel banget* dan waktu pasang lengan tulip. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk pasang lengan tulip, yaitu : sambung bahu – pasang lengan tulip bagian belakang – pasang lengan tulip bagian depan – sambung samping badan. Tapi berhubung sudah terlanjur salah langkah rumitlah prosesnya ^^
Eits, gak boleh menyerah, harus telaten memang, dan setelah jadi pun hati terasa puas melihat hasil jadinya. This is it : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}

Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}




Sebenarnya aku pengen bikin yang pendeknya seperti di gambar inspirasi di atas, tapi karena mama gak suka aku pakai yang terlalu mini yaaa aku panjangkan sampai di atas lutut supaya mama sedikit lega lah. Kalau dilihat dari dekat lubang kancingnya memang kurang rapi, karena memang aku membuatnya sendiri dengan tangan, tanpa mesin sama sekali, karena mesin jahitnya gak ada fitur pembuat lubang kancing, belum punya sepatu khusus pelubang kancing pula. Dekat rumah ada sih penjahit yang terima obras dan bikin lubang kancing, tapi harus ditinggal dan diambil besoknya *males mondar mandir, takut keburu niat ilang, belum lagi kalau besok pas mau ambil eh ternyata belum jadi T.T*. Akhirnya mamaku pun ngajarin aku bikin lubang kancing sendiri, cukup mudah ternyata.

Just for share...untuk membuat jumpsuit ini, yang dibutuhkan antara lain :
- 2 m kain (sebenarnya bisa pas 1.75 m, tapi di toko kain kan jarang yang ngebolehin beli kain kelipatan 0.25 m)
- benang sesuai warna kain
- bisban sesuai warna kain untuk kerung leher
- karet elastis
- 2 m renda bunga
- 4 pcs kancing

Okay, sekian dulu pamer jahitan yang keempat, jadi pengen jahit lagi ^^

Tips & trik membuat/ menjahit kantong di celana bisa dilihat di sini (bahasa Inggris ya...)


Ayo isi waktu luangmu dengan menjahit...


Selasa, 22 Mei 2012

Jahitan #3 : Blus Lengan Gembung {Puffed Sleeves Blouse}

Yay! Waktunya memamerkan jahitan ketigaku ^^

Sabtu (29 April), aku beli kain di Jembatan Merah Plaza sama teman kantorku setelah pulang kerja, aku beli kain katun bercorak bunga-bunga kecil yang didominasi warna pink. Karena masih bingung mau dibikin model apa, besoknya aku ajak pacarku jalan-jalan ke Pasar Atum Mall, berharap menemukan inspirasi model pakaian. Waktu melewati beberapa butik dan melihat-lihat pakaian yang dipajang di manekin, tiba-tiba pacarku nyeletuk "tuh baju modelnya bagus, cocok kayaknya buat kamu". Aku pun lihat pakaian yang dia maksud, aku perhatikan setiap detailnya, modelnya memang bagus tapi ada beberapa *banyak malahan* yang bikin aku gak sreg. Karena yang disukai pacarku dari blus itu adalah detail renda di bagian depan, maka aku ambil bagian depannya sebagai inspirasi. okay i know what u mean :)

Selanjutnya aku pun pilih-pilih renda yang cocok untuk model blus tsb. Selera pacarku cukup bagus rupanya, dia bantu aku memilih renda yang simple tapi tetap terlihat bagus dan cocok. Sip! Pola dasar blus ini sama seperti Blus Kerah Gelombang, aku hanya memecah pola bagian depan dan agak memanjangkan bagian bawah karena Blus Kerah Gelombang terlalu pendek *maklum masih pemula*.




Seperti biasa... selalu ada ide yang berubah, awalnya bagian bawah baju mau dipasang karet, tapi karena aku kurang nyaman dengan karet di bagian pinggang *takut naik-naik nanti blusnya* akhirnya aku ganti dengan lengkung biasa tanpa karet. Sebenarnya blus ini sudah selesai dijahit Minggu lalu (6 Mei) dan termasuk rekor menjahit tercepat bagiku. Sabtu (5 Mei) aku potong kainnya dan mamaku menjahit renda yang ada di bagian dada dan menyambungnya dengan bagian bawah. Setelah aku jelujur bagian samping dan bahu *ya, aku masih mengandalkan jelujur, karena masih belum terampil kalau ada jarum pentulnya, malah jadinya mencong*, aku beranikan diri jahit bagian bahu, pikirku kan cuma pendek dan lurus, berhasil tanpa hambatan!
Lalu aku coba lanjutkan lagi menyambung bagian samping baju, berhasil lagi!
Selanjutnya bagian lengan, karena bentuknya yang melengkung aku masih belum PeDe, tapi mamaku masih memasak, gak mungkin aku ganggu kan, jadinya aku beranikan diri melanjutkan jahitan bagian lengan pelan-pelan *sangat pelan malahan, kayak keong*, dan berhasil lagi!
Aih aih... senangnya bukan main, jadi ketagihan pengen jahit terus. Dan yang bikin aku senang bukan main itu ucapan mama waktu beliau lihat hasil jahitanku "mama seneng liat kamu berusaha belajar jahit walaupun mesin jahitnya jelek dan gak canggih, walaupun awal-awal jahitannya kayak gigi gajah *karena jahitannya gede-gede padahal settingannya rapat*, tapi kamu pinter, cepet menguasai, langsung berani jahit model aneh-aneh"

Weleh-weleh... senyumku langsung mengembang, karena mamaku jarang banget memuji aku terang-terangan kayak gitu. Proses aku belajar menjahit dengan mesin termasuk pesat sekali menurut mamaku, yang awalnya masih dibantu mamaku menjahit, akhirnya bisa menjahit sendiri. Dan inilah hasilnya : Blus Lengan Gembung {Puffed Sleeves Blouse}

Jahitan #3 : Blus Lengan Gembung {Puffed Sleeves Blouse}


Proses tersulit waktu membuat blouse ini antara lain :
- menjahit renda ke kain, karena rendanya lebih tebal daripada kain, terasa keras banget
- menjahit sengkelit kancing belakang, yang dijahit keciiiillll banget dan harus mepet supaya hasilnya bagus
pantang menyerah, PRACTICE MAKE PERFECT

Ada cerita lucu juga selama menjahit blus ini hihihihi *lho kok ketawa duluan ya :D* . Label yang terpasang di lapisan leher belakang menyelamatkan aku dari ulah usil saudaraku, dia sudah kelas 2 sma, tapi jahilnya gak nguatin deh, suka ngacak-ngacak barang dan coba ini-itu. Inilah dialog yang akan selalu teringat di benakku :
dia : lho cik, kok ada labelnya yuanitacik? kamu buka butik ta?
aku : iya, makanya jangan diacak-acak, ntar customerku marah
dia : oooo... ok
Hahahaha... dalam hati sebenarnya pengen banget ketawa ngakak lihat mukanya yang polos dan langsung taruh lapisan leher itu di meja lagi. Bukannya aku jahat, tapi rasanya bete aja kalau ada yang mengacak-acak apa yang sedang aku kerjakan. Duh, jadi pengen segera merealisasikan ruang kreasi di depan kamar atas supaya lebih privasi. Oh iya, kalau dulu pacarku pernah ngetawain dressku yang kedodoran kayak daster, sekarang dia sudah gak pernah lagi ngetawain, dan dia selalu mendukung aku, nganterin aku beli kain dan bahan lainnya yang aku butuhkan. Senang banget rasanya, thank you Mon.... :-*

Jangan pernah berpikir sulit, karena kamu akan dipersulit oleh pemikiranmu.
Bepikirlah mudah, maka kamu akan dipermudah oleh pemikiranmu.


Tutorial Puffed Sleeves alias Lengan Gembung di sini (trik untuk lengan gembung saja, bukan blousenya ^^)


Happy Sewing.... 


Rabu, 09 Mei 2012

May I Finish This Target on This May?

Weleh, judulnya ribet banget yah, sok-sok'an inggris padahal gak ngerti itu bener atau gak kalimatnya hihihi...

Gak kerasa sudah bulan Mei sekarang, di bulan Maret aku pernah posting beberapa target yang pengen aku capai, di antaranya :
  • bisa jahit sendiri dengan mesin jahit (karena selama ini cuman bisa jahit tangan, untuk mesin jahit selalu minta bantuan mama)
  • bisa menabung 1/3 dari gaji (karena selama ini aku boros dan tabungan selalu bobol)
  • mencari info mesin jahit portable dan mesin obras yang murmer tapi kualitas bagus (syukur-syukur kalau tanteku yang di Malang mau menghibahkan mesin obras peninggalan alm. emak (red : nenek) yang sudah gak dipakai)
  • menyelesaikan project 2 dress yang mangkrak karena bingung mencari tempat obras
  • merapikan ruang atas yang selama ini jadi gudang (pengen aku sulap jadi ruang kerja supaya gak ganggu istirahat mama)
point 1 : terealisasi walaupun gak mulus
point 2 : masih gagal, karena ada pengeluaran mendadak seperti PBB, nikahan teman/ tetangga/ saudara
point 3 : aku memantapkan hati pada mesin jahit portable Messina L9/ L21/ L34, tinggal pilih yang sesuai bugdet nantinya
point 4 : terealisasi, dress di sini dan blus kerah gelombang di sini
point 5 : sudah rapi sebenarnya, tapi mesin jahit jadul punya mama kan berat dan mejanya agak besar, susah angkatnya, jadi kepending dulu deh

 Sekarang, saatnya pasang target baru untuk bulan Mei... karena sewing skill sudah lumayan lancar, aku semakin penasaran pengen bikin beberapa pakaian, di antaranya :
  • jumpsuit pendek *for my self*
  • dress batik *for my self *
  • kemeja batik *for my boyfriend*
  • kemeja batik *for papa*
  • blus *for mama*

Banyak banget ya kayaknya :D eits... gak boleh menyerah sebelum mencoba, harus optimis pasti bisa! Semoga semua itu bisa terealisasi di bulan Mei ini, amiiiinnnn...
Sekarang saatnya mengelus-elus sang mesin jahit jadul, supaya gak ngambek pas asyik-ayiknya menjahit :D


Happy Wednesday...


Selasa, 08 Mei 2012

[review buku] Pretty in Pink


Masih seputar bukunya Tatiana Vidi, akhirnya lengkap juga aku punya seri ini. Seri asyiknya menjahit [buku menjahit step by step] ada 3 macam, yaitu :

cover depan
Kali ini aku ingin membahas buku yang berjudul Pretty in Pink. Buku ini membahas step by step membuat baju anak (perempuan). Pola yang diajarkan antara lain :
- Pola badan depan
- Pola badan belakang
- Pola lengan
- Pola kerah


daftar isi

Model baju anak yang dibahas di buku ini antara lain :
  • Dress kotakdetail : dress dengan resleting di belakang, lengan pendek model kerut dan ujungnya diberi karet
  • Dress cherrydetail : dress dengan resleting di belakang, lipit pada bagian rok, dengan lengan pendek yang ujungnya diberi manset
  • Dress bunga-bungadetail : dress dengan kerah bulat, resleting di belakang, lipit pada bagian rok, dengan lengan pendek yang ujungnya diberi manset
  • Dress bola-boladetail : dress dengan furing di bagian dalam, resleting di belakang, tanpa lengan, bisban pada kerung leher dan kerung lengan
  • Dress garis-garisdetail : dress dengan kancing depan (full atas-bawah), kerah bulat, lengan pendek yang ujungnya diberi karet

Teknik-teknik menjahit yang diajarkan step by step (plus gambar panduan) antara lain :
- memasang lengan
- memasang viselin/ kain keras pada kain
- memasang kerah
- memasang manset lengan
- memasang bisban
- memasang resleting
- menjahit furing

Buku ini very recommended untuk pemula, karena step by step dijabarkan dengan sangat amat detail, gak cuma penjelasan aja, tapi juga gambar pendukungnya, full colour dari awal sampai akhir, jadi harga 45.000 rupiah menurutku seimbang sekali lah... Sayangnya, buku ini hanya membahas step by step pembuatan baju anak perempuan saja, jadi kalau pengen bikin baju anak laki ya clingak-clinguk deh.

Di bagian akhir setiap buku, selain sekilas tentang Tatiana Vidi, ada juga tips & trik yang diberikan oleh Tatiana Vidi untuk pemula, salah satunya yang selalu saya ingat adalah :
Terus berlatih dan jangan ragu untuk memodifikasi pola, agar Anda semakin terampil membuat baju sendiri.  

Jadi jangan pernah takut dan ragu lagi ya... ayo menjahit :)
Setiap kesalahan yang kita lakukan akan membuat kita selalu ingat supaya tidak mengulanginya lagi dan berusaha lebih baik


Happy sewing...


Selasa, 01 Mei 2012

[review buku] Beautiful Blouse


Sekian lama penasaran pengen beli buku karya Tatiana Vidi yang seri Beautiful Dress, akhirnya keturutan juga. Seneng banget rasanya apalagi harganya didiskon 20%, jadinya bisa menutupi ongkos kirim Jakarta-Surabaya.

Sama seperti Little Black Dress, pembuatan polanya gak ribet sama sekali untuk pemula, gampang banget. Jadi ukur dulu 3 ukuran penting : lingkar dada, linkar pinggang dan lingkar pinggul, lalu cocokkan dengan tabel ukurannya, termasuk ukuran XS (Xtra Small), S (Small), M (Medium), atau L (Large). Nah, bikin polanya tinggal ikuti step by stepnya deh. gampang kok.



Pola yang dibahas di sini antara lain :
- Pola dasar blouse
- Pola dasar lengan
- Pola dasar kerah

Sesuai dengan judulnya, buku ini membahas step by step menjahit blouse, antara lain :
  • Blouse bunga
    detail : blouse berkerah dan lengan panjang
  • Blouse kotak-kotak
    detail : blouse berkerah, dengan lengan 3/4 yang ujungnya dilipat dan ada kancing pengaitnya
  • Blouse merah
    detail : blouse berkerah dengan lengan 3/4
  • Blouse bola-bola
    detail : blouse berkerah dengan ujung lengan puffy
  • Dress lengan bisban
    detail : dress kancing depan dengan lengan pendek yang ujungnya diberi bisban

Teknik-teknik menjahit yang diajarkan step by step (plus gambar panduan) antara lain :
- memasang resleting
- memasang lengan
- memasang viselin/ kain keras pada kain
- memasang kerah
- memasang manset lengan
- memasang bisban

Sayangnya, di buku ini varian blusnya masih formal *menurutku lho ya...* karena berkerah semua, cocok banget untuk yang pengen bikin baju kerja. Masih ada lagi seri yang lain sebenarnya, yaitu Pretty in Pink, buku ini membahas cara menjahit baju anak (cewek alias perempuan), tapi belum sempat aku buka. Hmmm...jadi pengen bikin baju kerja sendiri nih, bosan setiap beli kemeja jarang ada yang pas di badan, gini nih resiko badan yang "terlalu slim".

Seperti biasa, aku selalu berpesan untuk yang benar-benar pemula seperti diriku ini, perhatikan baik-baik setiap instruksi dari awal hingga akhir.



Selamat mencoba...



FeedReader button