Di larang COPY PASTE semua tulisan yang ada di dalam blog ini tanpa ijin. Kalau ada yang ingin ditanyakan, sharing dan saling belajar, jangan sungkan kirim email di yuanitacik@gmail.com , dengan senang hati akan saya balas :)

{Don't ever COPY PASTE all text in this blog without permission. If you want to ask, share and learn from each other, do not hesitate to send an email at yuanitacik@gmail.com , i will be glad to reply :) }

Minggu, 20 Maret 2011

Tips Fotografi dengan Kamera Digital

Pertama kali yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis kamera digital. Kamu harus tahu apa yang kamu inginkan, pocket ataukah prosumer atau langsung DSLR? Yang penting jangan pernah memilih kamera digital yang dapat menyulitkan diri kamu sendiri dalam pengoperasiannya. Setelah itu berkenalanlah dengan kameramu, setidaknya minimal satu bulan sebelum kamu bener-bener memotret. Jadikan ajang pe-D-K-te ini untuk mengetahui setelan the worst and the best-nya kameramu.
1. Selalu bawa kamera kemanapun kamu pergi
Kamera = Kekasihmu,
Matamu = lensa,
Sudut pandangmu = frame,
yang kamu lihat saat itu = komposisi ruang dan waktu.
Yang kamu lihat adalah obyek dengan balutan background dan ruang –yang indah dimanapun itu, dimana oleh cahaya yang terpancar dari waktu. Sehingga pagi dan sore hari sangatlah cocok buat kamu untuk berjalan santai dengan kameramu.
Ketika kamu bepergian, entah itu mau pergi ke kantor, sekolah, tempat ibadah, ataupun sedang jalan santai, abadikan setiap momen yang menarik bagi kamu, no time for thinking.. ekspos obyek tersebut, Dan jangan terlalu sering review setelah motret, karena bisa saja kamu akan kehilangan beberapa momen berharga bersama objekmu, di level ini yang kamu kejar adalah kuantitas bukan kualitas (belum saatnya)
Remember, alasan utama mengapa kamu melewatkan momen yang bagus untuk difoto adalah karena kamu tidak membawa kamera. Jadikanlah suatu kebiasaan untuk selalu membawa kamera kemanapun kamu bepergian karena kamu tidak tahu momen-momen atau pemandangan-pemandangan apa yang akan kamu temui nanti.

2. Perhatikan komposisi.
Menurut beberapa orang mempelajari aturan-aturan komposisi adalah hal yang baik, namun aturan-aturan tersebut kadangkala tidak berlaku dan ada kalanya kamu harus mempercayai matamu. Jadi mana yang benar?? Mana yang harus kita ikuti??!! Aturan komposisi atau mata kita?
Kalau menurut saya, sebaiknya kita sebagai newbie hendaklah memiliki pengetahuan dan menerapkan aturan-aturan komposisi sebagai batu pijakan kita, untuk mengemasnya lebih baik di masa yang akan datang. Jangan jadi newbie yang tak berpengetahuan dasar dalam memotret, karena nantinya kita tidak akan bisa berkembang. Mungkin bisa ikut dalam forum fotografi untuk tambah pengetahuan

3. Sering latihan mata dan insting
Lihat dan perhatikan dengan seksama foto yang kamu ambil. Cobalah untuk menemukan kekurangan-kekurangan dan kritiklah hasil foto tersebut.
Apakah foto tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan pada saat kita memfoto? Apakah kamu suka composition-nya? Aktivitas peninjauan kembali hasil foto oleh kamu sendiri sangat esensial dalam meningkatkan insting fotografi kamu. Selanjutnya bisa sharing dengan yang lain, dan minta komplimen mereka dan saring sebanyak-banyaknya pendapat dari berbagai macam tipe komentator…;-p

4. Wajib kenal dengan kamera yang kita bawa
Kamu perlu menghafal setiap fitur pada kamera kamu sesegera mungkin. Akan lebih mudah mengingat fitur-fitur kamu dengan perlahan-lahan mencoba fitur-fitur kameramu satu-persatu melalui aktivitas fotografi. Analoginya seperti saat kita belajar mengganti persneling saat mengendarai sepeda motor atau mobil. Jadikan kemampuan mengutak-atik fitur kamera menjadi kebiasaanmu. Dengan demikian kamu tahu dengan baik fitur-fitur apa yang mesti dipakai pada saat memfoto suatu objek atau pemandangan.
Good Luck... ^^


Sumber :
http://www.kiwod.com/cerita-online/tips-fotografi-dengan-kamera-digital/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah bersedia membaca hingga akhir posting... ^^

FeedReader button