Di larang COPY PASTE semua tulisan yang ada di dalam blog ini tanpa ijin. Kalau ada yang ingin ditanyakan, sharing dan saling belajar, jangan sungkan kirim email di yuanitacik@gmail.com , dengan senang hati akan saya balas :)

{Don't ever COPY PASTE all text in this blog without permission. If you want to ask, share and learn from each other, do not hesitate to send an email at yuanitacik@gmail.com , i will be glad to reply :) }

Senin, 20 Februari 2012

The Most Important Thing in Sewing


Menjahit memang menyenangkan, setelah sekian lama mencari-cari info cara membuat baju, aku bertekad ingin membuat baju, gak tanggung-tanggung langsung 2 dress sekaligus (terinspirasi bu Tatiana Vidi). Dengan pemikiran yang dangkal aku langsung meluncur ke toko kain, memilih corak dan kualitas kain katun yang aku suka, aku membeli 2 kain : bercorak garis-garis warna merah putih dan yang satunya flowery yang didominasi warna orange.

Sesampainya di rumah dengan semangat menggebu-gebu aku langsung siap-siap jahit, lha kok njeketek aku melewatkan banyak peralatan jahit-menjahit seperti kertas pola, kapur jahit, jarum pentul, dll. OMG... terpaksa deh jahit-menjahitnya mengalami delay hahahaha... mamaku cuma bisa mengelus dada melihat anaknya yang kelewat ceroboh ini sliwar-sliwer kebingungan. Padahal di buku-buku panduan menjahit yang aku punya sudah jelas-jelas mencantumkan peralatan menjahit apa saja yang dibutuhkan, tapi tidak aku baca dengan seksama karena aku lebih terpaku pada cara menjahit wkwkwkwk.. sekarang rasain deh akibatnya.

Nah, dari sini aku gak mau dong terulang lagi, langsung aku bikin list apa aja yang aku butuhkan kala menjahit, aku kasi judul "THE MOST IMPORTANT THING IN SEWING"

  1. Meteran
    Untuk mempermudah saat mengukur badan sebelum membuat pola, gunakan meteran yang terbuat dari bahan plastik lentur. Biasanya meteran ini ada dua sisi, yang satu dalam centimeter (cm) yang satunya lagi dalam inchi.
  2. Kertas Pola
    Untuk membuat pola bisa pakai berbagai macam kertas, yang penting lebar dan tidak terlalu tebal. Aku biasanya pakai kertas sampul warna coklat karena ukurannya lebar dan tidak terlalu tebal, harganya juga murah, sekitar Rp 1.000 per lembar, atau kalau memang tidak ada bisa pakai kertas minyak warna putih, harga sekitar Rp 250 per lembar, tapi menurutku kertas ini terlalu tipis.
    Mungkin ada dari kalian yang tau alternatif kertas yang lain? Monggo ditambahkan... ^^
  3. Alat Tulis
    Pensil, penghapus dan spidol. Menurutku 3 alat tulis itu yang paling dibutuhkan saat menggambar pola, aku lebih suka pakai pensil daripada bolpoin karena bisa dihapus kalau salah, maklum kan masih pemula hehe. Kalau pola sudah jadi baru aku pertegas bentuknya dengan spidol
  4. Penggaris
    Kalau bikin pola aku biasanya keluarin penggaris jahit dan penggaris 60cm, karena untuk tentuin ukuran lebih nyaman pakai penggaris 60cm daripada pakai meteran, baru untuk garis yang melengkung seperti kerung leher, kerung lengan aku pakai penggaris jahit
  5. Gunting
    Ada 2 macam yang dipakai di sini, gunting kain dan gunting kertas. Harus dibedakan karena untuk gunting kain harus tajam biar hasil guntingan di kain rapi. kalau untuk menggunting pola sih pakai gunting kertas gpp. Untuk hasil lebih bagus pilih gunting kain yang terbuat dari baja, memang agak berat, tapi justru hasilnya lebih rapi
  6. Jarum
    Jarum pentul untuk menyemat kain dengan pola supaya kertas pola gak bergeser-geser, jadi ukuran juga lebih tepat saat menjiplak pola di kain. Jarum jahit tangan untuk jahitan jelujur ataupun som. Jarum mesin jahit untuk jahitan di mesin.
  7. Penjiplak
    Membaca istilah di atas aku jadi pengen ketawa karena terdengar seperti bahasa melayu ^^, lha bingung aku istilahkan apa, fungsinya kan memang untuk menjiplak pola dari kertas pola ke kain. Pilihannya antara lain : kertas karbon jahit, rader, kapur jahit, pensil kain, banyak macamnya, tergantung penggunaannya aja sih menurutku. Kalau untuk garis luar aku biasanya pakai kapur jahit, kalau untuk kupnat -karena posisinya di tengah- aku pakai rader+kertas karbon jahit.
  8. Benang
    Untuk benang gak neko-neko sih, sesuaikan saja dengan bahan dan juga warna kain. tapi kalau memang pengen bermain dengan warna gak ada salahnya pakai warna benang yang berbeda dengan warna kain.
  9. Pendedel
    Sesuai dengan namanya, pendedel digunakan untuk mendedel jahitan yang tidak sesuai dan jelujur yang sudah selesai dijahit.
  10. Spul Benang + Sekoci
    Kalau menjahit dengan mesin jahit jangan sampai melupakan spul benang ya... ini penting banget dan jangan lupa perhatikan keadaan sekoci di mesin jahit.
  11. Aksesoris
    Sebelum menjahit, pastikan aksesoris apa yang akan dipakai, seperti : kancing, renda, pita, bisban, resleting, karet, manik-manik, dll. Jangan sampai karena melewatkan 1 hal ini proyek jahit-menjahit jadi tertunda, sayang banget kan kalau dress yang harusnya cantik dan cute jadi terbengkalai hanya karena resletingnya belum beli ^^v
Nah, 11 macam barang di atas itulah yang menurutku sangat-amat penting, masih ada lebih banyak lagi peralatan jahit yang lainnya sepeti : manekin torso, bias tape maker, rotary cutter, dll, tapi menurutku itu masih belum terlalu penting. Oh iya, 11 macam barang penting tsb aku list secara ringkas, aku print dan tempel di dekat mesin jahit, jadinya begini :

Memang gak terlalu bagus tampilannya, tapi setidaknya bisa jadi reminder sebelum aku jahit-menjahit supaya jangan sampai ada yang terlewat.
Okay, happy sewing... enjoy the day ^^

6 komentar:

  1. Membantu skali sis... ma kasih atas info nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Christine...
      ayo segera jahit-menjahit ^^

      Hapus
  2. hwaa seneng banget mampir ke blog ini, aku masih menggebu-gebu dalam hati nih mba yuanita.. belum share sama suami, hihi.. makasih ya mba buat tulisan2 ttg jahit-menjahitnya, salam kenal.. ^_^ -Icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Icha..salam kenal juga
      segera share sama suami gih, siapa tau didukung :)
      enak lho kalo bisa jahit-menjahit sendiri

      Hapus
  3. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola pakaian beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    BalasHapus

Terima kasih sudah bersedia membaca hingga akhir posting... ^^

FeedReader button