Di larang COPY PASTE semua tulisan yang ada di dalam blog ini tanpa ijin. Kalau ada yang ingin ditanyakan, sharing dan saling belajar, jangan sungkan kirim email di yuanitacik@gmail.com , dengan senang hati akan saya balas :)

{Don't ever COPY PASTE all text in this blog without permission. If you want to ask, share and learn from each other, do not hesitate to send an email at yuanitacik@gmail.com , i will be glad to reply :) }

Selasa, 01 Mei 2012

[review buku] Beautiful Blouse


Sekian lama penasaran pengen beli buku karya Tatiana Vidi yang seri Beautiful Dress, akhirnya keturutan juga. Seneng banget rasanya apalagi harganya didiskon 20%, jadinya bisa menutupi ongkos kirim Jakarta-Surabaya.

Sama seperti Little Black Dress, pembuatan polanya gak ribet sama sekali untuk pemula, gampang banget. Jadi ukur dulu 3 ukuran penting : lingkar dada, linkar pinggang dan lingkar pinggul, lalu cocokkan dengan tabel ukurannya, termasuk ukuran XS (Xtra Small), S (Small), M (Medium), atau L (Large). Nah, bikin polanya tinggal ikuti step by stepnya deh. gampang kok.



Pola yang dibahas di sini antara lain :
- Pola dasar blouse
- Pola dasar lengan
- Pola dasar kerah

Sesuai dengan judulnya, buku ini membahas step by step menjahit blouse, antara lain :
  • Blouse bunga
    detail : blouse berkerah dan lengan panjang
  • Blouse kotak-kotak
    detail : blouse berkerah, dengan lengan 3/4 yang ujungnya dilipat dan ada kancing pengaitnya
  • Blouse merah
    detail : blouse berkerah dengan lengan 3/4
  • Blouse bola-bola
    detail : blouse berkerah dengan ujung lengan puffy
  • Dress lengan bisban
    detail : dress kancing depan dengan lengan pendek yang ujungnya diberi bisban

Teknik-teknik menjahit yang diajarkan step by step (plus gambar panduan) antara lain :
- memasang resleting
- memasang lengan
- memasang viselin/ kain keras pada kain
- memasang kerah
- memasang manset lengan
- memasang bisban

Sayangnya, di buku ini varian blusnya masih formal *menurutku lho ya...* karena berkerah semua, cocok banget untuk yang pengen bikin baju kerja. Masih ada lagi seri yang lain sebenarnya, yaitu Pretty in Pink, buku ini membahas cara menjahit baju anak (cewek alias perempuan), tapi belum sempat aku buka. Hmmm...jadi pengen bikin baju kerja sendiri nih, bosan setiap beli kemeja jarang ada yang pas di badan, gini nih resiko badan yang "terlalu slim".

Seperti biasa, aku selalu berpesan untuk yang benar-benar pemula seperti diriku ini, perhatikan baik-baik setiap instruksi dari awal hingga akhir.


***update 3 November 2016***
Buku ini sudah tidak lagi dijual di Gramedia, bahkan sudah tidak terbit lagi.
Ada beberapa orang yang email dan minta tolong difotocopykan , tapi saya menghargai jerih payah bu Tatiana Vidi, jadi saya mencari info di akun sosial media beliau dan ternyata beliau masih menjualnya, bukan lagi disebut buku melainkan e-tutorial, berupa file pdf yang isinya kurang lebih sama seperti buku ini.
Jadi... kalau kalian masih berminat dengan buku ini bisa membeli e-tutorial di blognya bu Tatiana Vidi langsung (klik di sini)
Ada juga akun Facebooknya : Asyiknya menjahit


Selamat mencoba...



11 komentar:

  1. belum punya buku Yuan, tapi disini banyak dijual polanya jadi kita tinggal motong dan jahit saja. Modelnyapun macam-macam pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong Mbak, kalau di sini agak susah nyari pola jadi (atau aku yang gak tau tempatnya ya?). pernah liat di toko buku tapi harganya mahal karna impor :D
      trus pernah juga download di Burda lha kok ukurannya besar (atau badanku yang terlalu kecil hihihi)

      Hapus
  2. gw dah beli..ternyata ukuran badan gw ngga standar sm yang di bukunya, itung2nnya gimana tuh..btw..doraemonnya kegedhean, nutupin teks soanya ^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sendiri juga ukurannya gak cocok, selalu kebesaran, padahal pakai ukuran paling kecil. tapi badan mamaku malah pas dan cocok. kalau di badan kamu ngga standart nya kebesaran atau gimana?

      Hapus
    2. eh, tapi btw masa sih doraemonnya nutupin teks? aku lihat selama ini sih baik2 saja. ntar coba aku liat di tempat lain. thx ya.... ^^

      Hapus
  3. dari indonesia ya kamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai NurulHuda Alias,
      iya, saya dari Indonesia :)

      Hapus
  4. Mbak..aku lagi mau bikin dress liburan ini.
    aku baru bkin pola depannya aja.mau bkin pola belakangnya tapi bingung.pake retsleting apa kancing yh.
    soalnya nia masih belajar mbak blm mahir jahitnya.. (with mesin jahit jadulku) .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah sih mau pake resleting atau kancing.
      kalo pake resleting memang agak tricky pasangnya, kalo pake kancing apa iya ntar tangannya bisa ke belakang ngancingin?? :D

      Hapus
  5. Salam kenal sis.. Terimakasih untuk sharing ilmunya.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola pakaian beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    BalasHapus

Terima kasih sudah bersedia membaca hingga akhir posting... ^^

FeedReader button