Di larang COPY PASTE semua tulisan yang ada di dalam blog ini tanpa ijin. Kalau ada yang ingin ditanyakan, sharing dan saling belajar, jangan sungkan kirim email di yuanitacik@gmail.com , dengan senang hati akan saya balas :)

{Don't ever COPY PASTE all text in this blog without permission. If you want to ask, share and learn from each other, do not hesitate to send an email at yuanitacik@gmail.com , i will be glad to reply :) }

Rabu, 23 Mei 2012

Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}


Sukses membuat Blus Kerah Gelombang {Rippled-collar Blouse} dan Blus Lengan Gembung {Puffed Sleeves Blouse} ternyata mengakibatkan aku makin kecanduan jahit *yaaa daripada kecanduan narkoba mending kecanduan jahit kan?*

Ada yang suka gaya berpakaiannya cewek-cewek Korea?? Banyak toko-toko yang menjual baju-baju ala Korea, tapi aku gak minat beli karena kebanyakan bahannya adalah shifon, aku kurang suka karena transparan dan terlalu lemas *menurutku loh ya... selera orang bisa beda-beda*, makanya aku jadi pengen bikin sendiri dengan bahan yang berbeda tapi modelnya yaaa... mirip-mirip dikit boleh kan??

Awal Maret lalu, aku beli batik cap di pameran "Pesona Batik" yang diadakan di Tunjungan Plasa Surabaya. Kain batik warna ungu yang aku beli motifnya cheerful banget, jadi pengen aku bikin model yang cheerful pula. Aku pernah beli jumpsuit di Pasar Sukowati, tapi modelnya terlalu gombrong di badanku ini *apalah daya, badan terlalu kurus*, dan seperti biasa... aku jadi pengen banget bikin sendiri jumpsuit yang pas buat ukuran badanku. Mulai lah aku googling model-model jumpsuit yang ok menurutku, dan inilah inspirasi itu :


Inspirasi Jumpsuit (gambar diambil dari google, lupa websitenya apaan)


Saking semangatnya, aku sampai lupa memotret polanya :D, pola yang diperlukan untuk membuat jumpsuit ini yaitu :
- pola badan depan (kanan dan kiri)
- pola badan belakang
- pola kerah rebah (hanya bagian depan)
- pola celana pendek (depan dan belakang)
- pola kantong dalam

Kalau sebelumnya aku masih dibantu mamaku jahit dengan mesin jahit, kali ini full semua aku sendiri yang jahit, mulai dari jahit rendanya, bajunya, kerahnya, lengannya, celananya, kantongnya, pokoknya semua aku jahit sendiri. Senangnyaaaaa...... Proses menjahitnya memang agak rumit, tapi sebenarnya simple kok. Nanti kalau ada kesempatan aku coba bikin tutorialnya ya.

Tantangan terberatnya waktu menjahit renda, menyambung celana pendek dengan bajunya *sambungannya tebel banget* dan waktu pasang lengan tulip. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk pasang lengan tulip, yaitu : sambung bahu – pasang lengan tulip bagian belakang – pasang lengan tulip bagian depan – sambung samping badan. Tapi berhubung sudah terlanjur salah langkah rumitlah prosesnya ^^
Eits, gak boleh menyerah, harus telaten memang, dan setelah jadi pun hati terasa puas melihat hasil jadinya. This is it : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}

Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}




Sebenarnya aku pengen bikin yang pendeknya seperti di gambar inspirasi di atas, tapi karena mama gak suka aku pakai yang terlalu mini yaaa aku panjangkan sampai di atas lutut supaya mama sedikit lega lah. Kalau dilihat dari dekat lubang kancingnya memang kurang rapi, karena memang aku membuatnya sendiri dengan tangan, tanpa mesin sama sekali, karena mesin jahitnya gak ada fitur pembuat lubang kancing, belum punya sepatu khusus pelubang kancing pula. Dekat rumah ada sih penjahit yang terima obras dan bikin lubang kancing, tapi harus ditinggal dan diambil besoknya *males mondar mandir, takut keburu niat ilang, belum lagi kalau besok pas mau ambil eh ternyata belum jadi T.T*. Akhirnya mamaku pun ngajarin aku bikin lubang kancing sendiri, cukup mudah ternyata.

Just for share...untuk membuat jumpsuit ini, yang dibutuhkan antara lain :
- 1 potong batik atau setara 2 meter kain (sebenarnya bisa pas 1.75 meter, tapi di toko kain kan jarang yang ngebolehin beli kain kelipatan 0.25 meter)
- 1 benang sesuai warna kain
- 1 bisban sesuai warna kain untuk kerung leher
- 1 meter karet elastis
- 2 meter renda bunga
- 4 pcs kancing

Okay, sekian dulu pamer jahitan yang keempat, jadi pengen jahit lagi ^^

Tips & trik membuat/ menjahit kantong di celana bisa dilihat di sini (bahasa Inggris ya...)


Ayo isi waktu luangmu dengan menjahit...


19 komentar:

  1. wahh, bagus bagus nih,,

    happy blogging dan salam kenal deh :)

    BalasHapus
  2. terima kasih semuanya... ^^

    BalasHapus
  3. bo.. bikin tutorial dunks atau tips page gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya gitu, tapi gak tau napa ya tiap jahit selalu langsung aja gejret sana gejret sini, tau-tau udah jadi, mau bikin tuto gak afdol kalo gak ada gambar step by stepnya hehe

      Hapus
  4. Hai ini esiotrot :D Keren sekali yuanitacik! Jadi polnya bikin sendiri? Aku baca post ini kagak ngerti sih (lah aku ga pernah jahit ahaha). Aku juga mau loh kecanduan jahit huekeke

    Salam,
    www.AcneProneWife.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai esio...terima kasih...
      iya, polanya bikin sendiri, dari buku Busana Wanita (belum aku review di sini hehe). kalau kesulitan belajar sendiri ikutan kursus aja, kalo udah bisa ntar pasti kecanduan.
      eh btw blognya bagus ^^

      Hapus
  5. Cakepnyaaaaaaa.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih Metta Yapari... ^^

      Hapus
  6. sist yuanitacik, saya mau tanya. itu gambar pola antar atasan ma bawahan jd satu apa pola atas sendiri pola bawah sendiri? alias gmbr polanya g disambung? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mieta Cantik..
      polanya itu sendiri-sendiri, jadi ada pola atasan (blouse) sama pola bawahan (celana pendek / celana kolor)
      cuman yang perlu diperhatikan, ujung bawah pola blouse dipanjangin kurleb 5-10 cm, supaya gak ketarik saat dipake. HTH ya..

      Hapus
  7. Sist, boleh share polanya hehe.....niat mau bikin jumpsuit celana panjang atau rok sist hihihi....tk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lailnoer87...
      itu polanya saya bikin sendiri, dari buku "Busana Wanita"
      ada review yg saya tulis di link ini : http://yuanitacik.blogspot.com/2012/05/review-buku-busana-wanita.html

      atau ada juga e-book gratisan yg gampang banget dimengerti:
      http://www.khasanahelzahra.com/

      kalau pola bawahan, saya bikinnya malah kayak celana pendek untuk piyama, cuman dibikin pendek hihihi

      HTH ya..

      Hapus
  8. Selamat pagi...Anda membutuhkan pola baju baik dengan ukuran sendiri maupun ukuran standar. Anda bisa memesannya di fitinline.com Fitinline.com adalah portal khusus untuk kreasi baju dan produk fashion lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih infonya Riva Andriana

      Hapus
  9. Assalamualaikum mba Yuan..
    mau tanya nih, kalo mau buat jumpsuit atas lengan pendek, bawah celana panjang kira2 perlu kain brp meter ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung ukuran baju juga ya.

      Kalau pengalaman saya kemarin pakai ukuran S
      model jumpsuitnya celana pendek pakai 1 potong kain batik (lebar kain 115cm, panjang 2 meter)
      Sepertinya kalau model jumpsuitnya celana panjang bakal butuh 2 potong kain batik, atau 4 meter kain

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah bersedia membaca hingga akhir posting... ^^

FeedReader button