Di larang COPY PASTE semua tulisan yang ada di dalam blog ini tanpa ijin. Kalau ada yang ingin ditanyakan, sharing dan saling belajar, jangan sungkan kirim email di yuanitacik@gmail.com , dengan senang hati akan saya balas :)

{Don't ever COPY PASTE all text in this blog without permission. If you want to ask, share and learn from each other, do not hesitate to send an email at yuanitacik@gmail.com , i will be glad to reply :) }

Kamis, 13 Februari 2014

Jahitan #12 : Blus Ungu Polos

Waktu jalan-jalan ke Tbk Gramedia, aku lihat ada buku jahit-menjahit lokal yang disertai pola ukuran sebenarnya, dengan harga yang murah *dibandingkan buku Jepang :D* tanpa ba-bi-bu aku beli buku itu, judulnya Baju Kasual untuk Remaja

Aku langsung tertarik sama Style 6, detail kerut-kerut rendanya di bagian dada menambah kesan feminim tapi tetep terlihat casual karena bentuk lehernya yang sederhana. Pilah-pilih kain dan pilihanku jatuh pada kain ungu polos, tekturnya yang lemas dan tipis kayaknya cocok.

Hasilnya... KEGEDEAN alias KEBESARAN! Memang sih... dari awal aku bandingkan dengan pola bikinanku dari buku Busana Wanita dan buku Lady Fashion, pola baju kali ini lebih besar ukurannya dan lebih panjang, aku pikir karena tektur kainnya lemas dan tipis paling enggak nanti hasilnya kayak baju-baju ala Korean Style dari bahan kain sifon, ternyata... tetep aja kegedean :(


Perbandingan renda setelah bajunya dicuci
atas : renda yang terpasang warna jadi keunguan, kelunturan kain baju
bawah : renda yang masih baru

Oh no... kejadian yang lalu terulang lagi. Maksud hati aku tambahkan lengan kerut supaya bisa menutupi betapa longgarnya baju itu, tapi pacarku malah komen “tetep aja kayak baju tidur”. Aduuuhhhh... aku udah terlalu malas untuk memikirkan alter-nya, wajahku udah mewek tuh, untungnya pacarku ngasih usul ujung bajunya dimasukkan celana, NOT BAD walaupun tetep kelihatan kegedean karena bahunya terlalu lebar, jadi puncak lengannya pun ikut-ikutan melorot. Baju ini sudah beberapa kali dipakai sih, tapi... tidak menutup kemungkinan bakal aku permak lebar bahunya suatu hari nanti

Pelajaran kali ini : 
* Selalu teliti dan bandingkan ukuran pola yang baru didapat dengan pola lama yang biasa dipakai
* Kalau masih nekat pengen nyoba, tetep jahit aja gpp, tapi tiap step pastikan dicoba dulu
* Kalau tidak sesuai (kebesaran atau kekecilan) jangan ragu untuk segera disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan


Selamat Menjahit...


3 komentar:

Terima kasih sudah bersedia membaca hingga akhir posting... ^^

FeedReader button